sejarah google

1. Sejarah Lahirnya Google Atau Asal Usul

Google Inc  merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet,Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak. Keuntungan dari AdWords merupakan hampir seluruh keuntungan perusahaan ini.

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford. Mereka berdua memiliki saham pada perusahaan sebesar 16 persen. Pada awalnya, perusahaan ini dibentuk sebagai perusahaan saham pribadi pada 4 September 1998Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004. Sejak awal, misi dari perusahaan ini adalah “To organize world’s Information and make it universally accessible and useful” (Untuk mengatur seluruh informasi di dunia dan membuatnya bisa diakses dan berguna bagi semua orang), dan slogan tidak resminya adalah “Don’t Be Evil” (Janganlah menjadi jahat). Tahun 2006 perusahaan ini melakukan perpindahan markas keMountain View, California.

Perkembangan sejak perusahaan ini dibuka telah mencetuskan berbagai macam produk, Merger, dan persekutuan dibalik mesin pencari perusahaan ini. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas online diantaranya emailpaket aplikasi perkantoran, dan situs jejaring sosial. Produk Google juga diperluas ke komputer pribadi, dengan aplikasi untuk menjelajah web, mengatur & menyunting foto, and pesan instan. Google memimpin perkembangan dari Androidsistem operasi mobile, juga Google Chrome OS sistem operasi berbasis web, yang ditemukan pada netbook khusus yang dinamakan Chromebook.

Google telah diperkirakan sudah menjalankan satu juta server di pusat data di seluruh dunia,dan telah memproses lebih dari satu milyar pencarian. dan sekitar dua puluh empat petabyte data dari pengguna setiap hari.

Per September 2009, Alexa menyamtumkan situs utama Google.com (yang terfokus pada Amerika Serikat) sebagai website yang paling banyak dikunjungi di Internet, dan website Google Internasional lainnya di seratus teratas, juga website-website yang dimiliki Google seperti YouTube,Blogger and Orkut.Google juga di peringkat nomor dua di database brand equity, BrandZ. Posisi pasar yang dominan dari lanan Google berperan sebagai sumber kritik pada perusahaan ini dari masalah privasi, hak cipta, dan sensor.

2. Asal Mula Nama Google

Menurut Informasi dari berita online terkemuka, nama google ini diambil dari nama googlo yang di berikan oleh Milton Sirotta keponakan Edward Kasner. Yang kemudian berubah menjadi google yang sangat unuik karena memiliki kosa kata huruf “o” lebh dari satu. Yang dijadikan sebagai pedoman jika huruf “o” semakin banyak maka hasil pencarian yang di dapat oleh google juga banyak. Sangat unik bukan.

3. Pendiri Google

Google didirikan oleh dua orang sahabat mahasiswa Ph. D di universitas stanford yaitu bernama Larry Page dan Sergey Brin. Yang kemudian tepat pada tanggal 7 September 1998 google resmi berdiri menjadi sebuah perusahan di Amerika dengan dukungan modal dan investasi dari teman Larry Page dan Sergey Brin.

4. Produk Google

Semakin sukses perusahan google inc, akhirnya melebarkan pasar dengan menciptakan beberapa fasilitas gratis dan aplikasi berbayar juga yang masih berada di bawah perusahaan Google inc. Salah satu aplikasi yang berhasil diciptkana oleh google adalah sebagai berikut ;

  • Gmail.com adalah layanan email gratis yang di berikan oleh google untuk berinteraksi dengan teman atau rekan kerja anda melalui E-mail atau surat elektronik. Space yang diberikan google sangat banyak dan anda bisa mendaftar secara gratis di Gmail.
  • Blogger.com adalah site Blog gratis yang dahulu dimiliki orang pribadi dan diakuisi google. Mulai dari itu blogger menjadi layanan blog gratis yang bisa dijadikan catatan online pribadi penggunanya. Blogger juga bisa dijadikan ladang pencari uang di internet lewat adsense ataupun jualan produk online sepertitoko online.
  • Youtube.com. Sebelum adanya youtube, pada awal tahun 2006 meluncurkan Google Video, yang membolehkan pengguna untuk mencari dan melihat video secara gratis dan juga membolehkan penggunanya menyebarkan isinya termasuk acara-acara televisi CBS, pertandingan basket NBA, dan video musik. Kemudian google membeli situs youtube dan berhasil memasarkan youtube di kalangan pengguna video online.
  • Google Earth adalah sebuah program pemetaan interaktif yang disediakan oleh satelit dan fotografi udara yang mencakup keseluruhan planet Bumi. Google Earth dianggap sangat akurat dan lebih mendetail. Beberapa kota besar memiliki gambar jelas yang dapat dibesarkan sedekat-dekatnya untuk melihat kendaraan dan pejalan kaki dengan jelas.
  • Google Chrome adalah fasilitas browser terbaik yang ada dan berdiri di bawah perusahaan google inc.
  • Android adalah perangkat lunak untuk mobile phone yang dimilki oleh google. Android juga berhasil menggaet pasar internasional sebagai Operating Sistem (OS) mobil pinter terbanyak di gunakan.
  • G+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dimiliki google untuk menyaingi Social Media Twitterdan Facebook. Namun G+ belum berkembang dan penggunanya masih sedikit.
  • Google Maps
  • Google translate
  • Google Adsense

Itulah kilasan singkat tentang Sejarah google yang perlu anda ketahui sebagai pengguna mesin pencari google.

5.kantor Google

Sebagai perusahaan internet yang sudah meraksasa, Google tentu punya kantor di berbagai negara. Selama ini, mereka dikenal punya kantor dengan desain nan menawan, berpotensi bikin iri bagi yang melihatnya.

Dari sekian banyak kantor Google, manakah yang dianggap paling keren? Banyak yang menilai, kantor Google di Zurich, Swiss adalah jawabannya. Memang ketika melihat desainnya, siapapun pasti bakal terpukau.

Mau tahu seperti apa bagian dalam kantor Google di Zurich ini? Simak foto-fotonya yang dihimpun detikINET dari berbagai sumber terpercaya.

1. Ruangan cozyInilah salah satu sudut di kantor Google. Tampak para pekerja bersantai dengan pakaian bebas. Sepertinya, penampilan tidak terlalu penting di Google. Yang penting adalah prestasi.

Foto di atas menjepret salah satu ruangan di kantor Google Zurich. Sama sekali tidak tampak seperti kantor bukan? Malah seperti ruang tamu sebuah rumah mewah.

2. Ruangan pribadi

Di berbagai sudut, Google membuat ruangan khusus yang bisa dipakai sendiri-sendiri. Mungkin agar karyawan dapat berpikir dengan bebas dan menciptakan inovasi selanjutnya atau sekadar untuk beristirahat.

“Pekerja didorong untuk menggunakan 20% dari waktu kerjanya di proyek pribadinya. Google News, Orkut, adalah contoh proyek yang muncul dari model seperti ini,” kata Avinas Kaushik, mantan karyawan Google.

3. Bersantai dan melepas lelah

Banyak cara melepas lelah di kantor Google. Duduk di kursi gantung yang santai, atau tidur di kursi yang siap memijat secara otomatis. Menyenangkan bukan?

 

 

 

 

 

4. Bertukar Ide

Bertukar ide dan berdiskusi intens tampaknya menjadi salah satu budaya di kantor Google. Para karyawan bisa melakukannya dengan santai dan nyaman di banyak tempat yang sudah disediakan.

 

5. Makanan lezat

“Setiap hari jika aku ke kafe, menunya selalu berbeda, lezat dan sehat, dan kebanyakan organik. Di Google, makanannya tidak pernah membosankan karena setiap kafe yang ada punya koki sendiri dan mereka kerap bertanya bagaimana rasa makanannya,” imbuh Avinas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s